Pertumbuhan penduduk yang luar biasa, tumbuhnya kota-kota, perkembangan sistem informasi yang didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, industrilisasi serta era otonomi daerah telah merubah Bangsa Indonesia secara menyeluruh, sehingga tidak mengherankan apabila terjadi banyak perubahan di bidang politik ekonomi, hokum, sosial dan budaya.

Pengaruh globalisasi komunikasi dan informasi telah mengubah pola aliran informasi secara mendasar dan kehidupan sehari-hari. Tantangan yang dihadapi oleh pendidikan tinggi pada saat sekarang dan masa depan adalah dalam rangka menghasilkan tenaga akademik dan tenaga professional yang handal dan berkemampuan tinggi.

Melalui pendidikan S2 Ilmu Hukum diharapkan kebutuhan perencanaan dan pengembangan serta tenga akademik dan profesioanal di bidang hokum dalam melaksanakan pembangunan hukum dapat terpenuhi. Oleh karena itu, tidak berlebihan apabila kehadiran Program Magister Ilmu Hukum Universitas Muria Kudus akan memenuhi tuntutan tersebut.

Program Magister Ilmu Hukum Universitas Muria Kudus telah memperoleh akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tanggal 28 November 2008 melalui DITJEN DIKTI No. 4293/D/T.2008 dengan kategori Pendidikan Pascasarjana bergelar Magister Hukum (MH) dalam bidang Study Ilmu Hukum.